Student

UQU Winter Carnival adalah Ekka kecil-kecilan

Ada satu hari libur yang sangat khusus bagi negara bagian Queensland, Australia, yakni Royal Queensland Show atau lebih populer disebut Ekka.  Perayaan yang berlangsung selama 10 hari di bulan Agustus itu menyajikan beragam atraksi menarik, berupa hiburan (roller coaster dan sejenisnya), hal-hal yang berkaitan dengan pertanian, serta pendidikan.

Hal yang agak memberatkan adalah bahwa Ekka (yang berasal dari kata exhibition) memberlakukan tiket masuk yang cukup mahal, yakni $30 untuk orang dewasa dan $23 untuk mahasiswa.  Tidak jarang orang-orang mengurungkan niatnya lantaran tiket yang mahal ini, belum lagi mereka harus membayar untuk tiap atraksi.

UQ Union sebagai wadah induk untuk klub-klub kemahasiswaan di Universitas Queensland berinisiatif mengadakan sebuah karnaval dengan format mirip dengan Ekka namun dalam skala yang lebih kecil dan gratis!  Namanya UQU Winter Carnival. Pengunjung tidak dikenakan tiket masuk sama sekali dan semua atraksi dapat dinikmati secara cuma-cuma.  Satu-satunya yang dikenakan biaya adalah show bags, yakni tas yang dibuat khusus untuk acara tersebut, yakni $5.  Tahun ini, Universitas Queensland mengadakan UQU Winter Carnival pada hari Selasa, 25 Agustus 2015.

Berikut ini satu sketsa yang saya buat untuk mengabadikan acara itu. Rodeo banteng menggunakan banteng tiruan yang digerakan secara mekanik.

Boleh dibilang, UQ Union betul-betul tahu bagaimana cara menghibur mahasiswa yang tidak sanggup membeli tiket Ekka yang cukup mahal, apalagi kuliah di pekan kelima ini begitu menguras waktu, tenaga, dan pikiran karena tugas-tugas kuliah mulai memasuki masa jatuh tempo dan menghujani mahasiswa segala jurusan.

(c)2015 Suryadi van Batavia

Author: Suryadi van Batavia

Apa yang kamu katakan hari ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.